MICROSOFT OFFICE
Resume
Diajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah Komputer
Dasar
DESTRITA HANDAYANI
NIM. 112110112
KELAS IIA
PROGRAM
DIII JURUSAN GIZI
POLITEKNIK
KESEHATAN PADANG
KEMENTERIAN
KESEHATAN PADANG
2012
Microsoft
Word
1.
Memulai
Microsoft Word
Start
--» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word
Screen
Layout atau tampilan, adalah sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer pada
saat Anda mengoperasikan program ini. Tampilannya seperti gambar dibawah ini :
Pada bagian Baris Judul, kita dapat
melihat nama file yang sedang kita buka.
a) Menu
Di dalam menu, terdapat
beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada
baris menu.
b) Toolbar
Toolbar
menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah
perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya dengan memencet/klik pada
tombol-tombol tersebut .
Toolbar Standar
Toolbar Format
2.
Membuat
Dokumen Baru
Apabila kita baru
memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan
document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara
otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa
menggunakan cara berikut:
a)
Pada menu kita pilih File, lalu
pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
b)
Double Click pada Blank Document
c)
Documen siap digunakan
Atau
kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar
Kita
juga bisa menggunakan tombol Ctrl + N
3.
Membuka file yang sudah tersimpan
a) Klik
menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog
open
b) Pilih
file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
c) Klik
pada nama file
d) klik
tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word
Atau
kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open
Dan kita juga bisa
menggunakan Ctrl + O
4.
Menyimpan Dokumen
Segera
setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan
untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin
untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.
a) Pada
jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save
b) Pada
layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save
Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar
Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar
Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S
5. Menutup
File Dokumen
|
a) Pada
jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close.
Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang aktif.
Atau bisa dilakukan
dengan menekan tombol Close pada
bagian baris menu.
6.
Mengakhiri/Menutup
jendela Microsoft Word
Sebelum mengakhiri
Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.
|
||
Microsoft Excel
1.
Pengenalan Sheet
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk
melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk
tabel.
Langkah
– langkah dalam memulai Microsoft Excel
a)
Aktifkan komputer
terlebih dahulu
b)
Klik tombol Start pada taskbar
c)
Pilih menu All Program
d)
Pilih Microsoft Office
e)
Kemudian
klik Microsoft Excel
2.
Office
Button
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3.
Akses
Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat aksesberkomunikasi
dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4.
Toolbar
Merupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar